Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan
tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi,
berkreasi dan berkomunikasi.
Unsur-unsur Multimedia
Unsur – unsur pendukung dalam multimedia antara lain :
1. Teks,
bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan
adalah teks. Teks merupakan yang paling dekat dengan kita dan yang
paling banyak kita lihat. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi
dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita. Kebutuhan teks tergantung
pada kegunaan aplikasi multimedia. Secara umum ada empat macam teks
yaitu teks cetak, teks hasil scan, teks elektronis dan hyperteks.
2. Grafik,
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi
multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi
kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas dan
menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Sering
dikatakan bahwa sebuah gambar mampu menyajikan seribu kata. Tapi ini
berlaku hanya ketika kita biasa menampilkan gambar yang diinginkan saat
kita memerlukannya. Multimedia membatu kita melakukan hal ini, yakni
ketika gambar grafis menjadi objek suatu link. Grafis sering kali muncul
sebagai backdrop (latar belakang) suatu teks untuk menghadirkan
kerangka yang mempermanis teks. Secara umum ada lima macam gambar atau
grafik yaitu gambar vektor (vector image), gambar bitmap (bitmap image),
clip art, digitized picture dan hyperpicture.
3. Bunyi atau Sound,
Bunyi
atau sound dalam komputer multimedia, khusunya pada aplikasi bidang
bisnis dan game sangat bermanfaat. Komputer multimedia tanpa bunyi hanya
disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi atau sound dapat kita
tambahkan dalam produksi multimedia melalui suara, musik dan efek-efek
suara. Seperti halnya pada grafik, kita dapat membeli koleksi sound
disamping juga menciptakan sendiri. Beberapa jenis objek bunyi yang
biasa digunakan dalam produksi multimedia yakni format waveform audio,
compact disk audio, MIDI sound track dan mp3.
4. Video,
Video
adalah rekaman gambar hidup atau gambar bergerak yang saling berurutan.
Terdapat dua macam video yaitu video analog dan video digital. Video
analog dibentuk dari deretan sinyal elektrik (gelombang analog) yang
direkam oleh kamera dan dipancarluaskan melalui gelombang udara.
Sedangkan video digital dibentuk dari sederetan sinyal digital yang
berbentuk yang menggambarkan titik sebagai rangkaian nilai minimum atau
maksimum, nilai minimum berarti 0 dan nilai maksimum berarti. Terdapat
tiga komponen utama yang membentuk video digital yaitu frame rate, frame
size dan data type. Frame rate menggambarkan berapa kali bingkai gambar
muncul setiap detiknya, sementara frame size merupakan ukuran fisik
sebenarnya dari setiap bingkai gambar dan data type menentukan seberapa
banyak perbedaan warna yang dapat muncul pada saat bersamaan.
5. Animasi,
Dalam
multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan
gerak pada layar. Ada sembilan macam animasi yaitu animasi sel, animasi
frame, animasi sprite, animasi lintasan, animasi spline, animasi vector,
animasi karakter, animasi computational dan morphing.
Minggu, 11 November 2018
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar